Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web

(Studi pada PT. Alumi Presisi Teknologi)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi
Disusun oleh: Lena Lestriawati, Lisa Chiarin, dan Diana
Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Peranan informasi dapat memberi keunggulan yang kompetitif bagi perusahaan sehingga menyebabkan setiap perusahaan berusaha untuk menggunakan teknologi informasi yang up-to-date agar dapat memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Salah satu teknologi yang mendukung penyampaian informasi yang mengalami perkembangan yang cukup pesat adalah internet, yang merupakan penggabungan antara teknologi komputer dan teknologi informasi. Pada saat sekarang ini banyak orang yang menggunakan teknologi ini untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sehingga informasi dapat diperoleh dengan sangat mudah, cepat dan akurat. Dengan adanya internet sebagai sarana promosi perusahaan dalam memasarkan produk mereka dan dapat diakses oleh pemakai, mampu mempermudah perusahaan meningkatkan penjualan produk serta mampu meningkatkan hubungan komunikasi dengan konsumen dan dapat menjadi suatu sarana untuk menilai kepuasan konsumen.

PT. Alumi Presisi Teknologi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Trading. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisa strategi pemasaran dan merancang sebuah aplikasi pemasaran secara online atau e-marketing dalam bentuk website untuk PT. Alumi Presisi Teknologi. Dengan adanya website ini, PT. Alumi Presisi Teknologi dapat memperluas jangkauan pemasaran kepada pembeli. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis 7 stages cycle of internet marketing dan mengumpulkan data dengan melakukan survey. Hasil analisa penulis terhadap PT. Alumi Presisi Teknologi adalah dimana strategi pemasaran perusahaan selama ini masih manual. Penulis memandang aplikasi e- marketing sangat perlu untuk diterapkan dalam memperoleh jaringan pemasaran yang luas dan memberikan informasi yang lebih luas kepada para pelanggan. Simpulannya adalah dengan adanya e-marketing PT. Alumi presisi teknologi dapat lebih efektif, intensif, dan inovatif dalam melakukan pemasaran produk serta melakukan peningkatan komunikasi dengan konsumen.