Analisa dan Perancangan Aplikasi E-Marketing pada Remark Organizer

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi
Penulis: Maulana Kurniawan, Sulistiowati, dan Vivi Noviane
Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Penggunaan Internet menjadi salah satu peluang dalam memperluas cakupan bisnis. Internet merupakan media interaktif dibandingkan dengan banyak media tradisional lainnya. Interaktif berarti dapat berkomunikasi pada real time dengan pelanggan melalui website untuk menyediakan secara spesifik informasi yang diinginkan tanpa mengenal batasan waktu dan jarak. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka dikembangkanlah suatu konsep pemasaran via Internet yang dikenal dengan e-marketing, sebagai salah satu strategi di dalam dunia bisnis. Pada intinya, e-marketing didefinisikan sebagai kombinasi dari prinsip pemasaran tradisional dan metode pemasaran interaktif yang diterapkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan kata lain, penerapan e-marketing memerlukan adanya peranan dari customer service yang baik pula, sehingga dapat menunjang perkembangan bisnis suatu perusahaan.

Remark Organizer adalah suatu organisasi bisnis yang bergerak di bidang event organizer musik. Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisa proses bisnis, kebutuhan informasi dan permasalahan yang terdapat pada bagian pemasaran Remark Organizer, serta merancang aplikasi e-marketing untuk membantu memperluas jaringan pemasaran Remark Organizer. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan 4 (empat) metode penelitian yaitu metode analisa yang membahas 3 (tiga) tahap awal dari 7 (tujuh) tahap Internet marketing, metode perancangan yang membahas 4 (empat) tahap terakhir dari 7(tujuh) tahap Internet marketing, metode kepustakaan dengan bantuan sarana studi pustaka dengan referensi pada buku-buku dengan topik-topik yang terkait dengan e-marketing, serta melakukan studi lapangan / survei langsung ke Remark Organizer. Hasil dari analisa dan perancangan yang dilakukan adalah sebuah aplikasi e-marketing yang berisi informasi dan dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai fasilitas untuk memudahkan pelanggan. Berdasarkan analisa dan perancangan yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa di samping memberikan kemudahan kepada pelanggan, e-marketing juga memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam kemudahan memasarkan produk dan layanannya kepada pelanggan.