Analisa dan Perancangan Aplikasi E-Marketing pada PT. Suryamas Indopersada

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi
Disusun oleh: Sylvia, Lucinda Phoebe, dan Jemmy Haryono
Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Pemasaran merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh semua perusahaan untuk memperkenalkan dan menjual produk dan jasa mereka serta kelebihan yang mereka miliki. Pemasaran sangat dibutuhkan untuk dapat memperoleh pelanggan dan meningkatkan penjualan perusahaan. Tanpa adanya pemasaran y ang baik, maka perusahaan tidak akan dapat bertahan dalam menjalankan bisnis terutama dalam menghadapi persaingan dengan para kompetitor. Saat ini tidak sedikit perusahaan yang menggunakan internet untuk menjalankan kegiatan bisnis mereka. Penggunaan internet sebagai salah satu media pemasaran (e-marketing) oleh perusahaan telah menjadi salah satu alternatif yang cukup penting dalam memperluas pasar serta sebagai sarana untuk tetap bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Hal ini disebabkan karena internet merupakan media yang handal untuk memperoleh maupun menyebarkan informasi secara lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah serta mencakup sasaran yang lebih luas.

PT. Suryamas Indopersada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang alat ukur bangunan (surveying instrument). Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisa dan merancang aplikasi e-marketing pada PT. Suryamas Indopersada untuk mendukung aktivitas pemasaran perusahaan. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode studi pustaka, metode analisa, dan metode perancangan. Metode analisa yang digunakan berupa survei, wawancara, framing the market opportunity, formulating the market strategy, dan designing the customer experience. Sedangkan metode perancangan yang digunakan adalah crafting the customer interface, designing the marketing program, leveraging customer information through technology, dan evaluating the marketing program. Penulisan skripsi ini menghasilkan aplikasi e-marketing PT. Suryamas Indopersada yang dapat mendukung aktivitas pemasaran perusahaan. Dengan aplikasi ini, kebutuhan pelanggan PT. Suryamas Indopersada yang belum dapat dipenuhi dapat terpuaskan. Pelanggan dapat memperoleh informasi yang up- to-date dan melakukan pesanan dengan lebih mudah dan cepat, kapanpun dan dimanapun.