Pembangunan Knowledge Repository Untuk Peningkatan Kualitas Kinerja SDM

(Studi pada PT. SINAR SOSRO KPW Banten Bagian Distribusi dan Marketing)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi
Penulis: Maria Desianty dan Sujono
Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Kebutuhan akan informasi merupakan salah satu hal penting bagi setiap perusahaan pada saat ini. Ada berbagai macam informasi di dalam sebuah perusahaan, baik informasi eksternal maupun informasi internal. Informasi eksternal perusahaan merupakan informasi yang berasal dari lingkungan eksternal perusahaan, seperti informasi mengenai pelanggan dan trend-trend yang sedang terjadi. Sedangkan informasi internal perusahan dapat berbagai jenis bentuknya seperti strategi penjualan, pengetahuan berupa target penjualan, atau informasi yang berasal dari pendokumentasian data-data yang terdapat di dalam internal perusahaan. Informasi-informasi yang diperoleh perusahaan akan diolah menjadi sebuah knowledge yang berguna untuk membantu karyawan pada setiap bagian unit bisnis perusahaan tersebut dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan disertai pengembangannya.

Knowledge Management merupakan sistem yang dirancang untuk menciptakan, menggolongkan, mendokumentasikan, dan menyebarkan knowledge (pengetahuan) dalam sebuah organisasi. Hal ini dimaksudkan agar knowledge dapat digunakan setiap saat, dan oleh siapa pun sesuai dengan otoritas dan kompetensi yang dimilikinya. Selain itu knowledge management juga berfungsi untuk mengelola seluruh elemen sistem organisasi yang dimiliki berupa kebijakan, dokumen, basisdata (database), dan prosedur lengkap, beserta informasi tentang keahlian, pengalaman, dan kecakapan sumber daya manusia (SDM) baik secara individu maupun kolektif, dengan bantuan teknologi informasi. PT. SINAR SOSRO merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi teh dalam kemasan botol. Bila dilihat dari ukuran besarnya perusahaan ini dan semakin banyaknya knowledge yang diperoleh, maka tentunya perusahaan ini membutuhkan wadah untuk menampung keseluruhan knowledge yang dimilikinya.

PT. SINAR SOSRO KPW (Kantor Penjualan Wilayah) Banten merupakan salah satu cabang PT. SINAR SOSRO dan dapat digolongkan dalam perusahaan besar. Perusahaan ini memiliki banyak knowledge yang belum terdokumentasi dengan baik, seperti knowledge promosi, knowledge outlet, dan kondisi pasar. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk merancang fasilitas knowledge repository, dan menunjukkan bagaimana cara menjaga / mempertahankan knowledge-knowledge yang ada agar tidak terbuang sia-sia. Fasilitas knowledge repository dapat berguna untuk membantu perusahaan dalam menjaga / mempertahankan knowledge perusahaan, seperti untuk penyimpanan knowledge outlet, knowledge promosi, dan kondisi pasar, sehingga knowledge tersebut dapat membantu SDM dalam meningkatkan kualitas kinerja. Selain itu fasilitas knowledge repository, juga dapat membantu perusahaan untuk membuat para karyawannya mulai terbiasa dalam melakukan kegiatan sharing knowledge dan informasi yang mereka miliki, dengan demikian diharapkan setiap karyawan dapat saling memperkaya / melengkapi knowledge dan informasi yang mereka miliki. Hal ini tentunya akan sangat membantu perusahaan dalam bersaing dengan perusahaan lain sehingga PT. Sinar Sosro KPW Banten dapat selalu menjadi perusahaan yang unggul di dalam industri bidang minuman teh siap saji.