Skripsi Perancangan Aplikasi CRM Berbasis Web

Perancangan Program Aplikasi CRM Penjualan Berbasis Web Pada Elex Comic Center
Skripsi Johan Gunawan, Tarumanagara. Aplikasi CRM adalah salah satu solusi dalam menghadapi ketatnya persaingan bisnis saat ini. Program aplikasi Elex Comic Center merupakan program aplikasi CRM Penjualan berbasis web. Untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat dan membina hubungan baik dengan customer, Elex Comic Center merancang sebuah web yang berfungsi menjual produk-produknya kepada para pengguna internet. Fungsi yang terdapat pada program aplikasi CRM penjualan terdiri dari menu komplain order, kritik saran, menu tanya jawab, komentar dan order anda. Pada aplikasi CRM penjualan dilakukan pengujian untuk memastikan program dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan rancangan yang diharapkan. Program CRM penjualan bermanfaat memberi pelayanan yang lebih baik kepada customer Elex dan melihat pelanggan yang menguntungkan.

Sistem Informasi Berbasis Customer Relationship Management pada PT. Tirta Intercom Nusantara
Skripsi Joseph Andri H., Tarumanagara. Penulisan ini bertujuan untuk merancang sistem informasi CRM berbasis web yang memudahkan customer berhubungan dengan perusahaan. Perusahaan juga dapat lebih mudah menjaga hubungan baik dengan pelanggannya. Sistem informasi berbasis CRM pada PT. Tirta Intercom Nusantara ini dirancang dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver MX untuk perancangan interface aplikasi web, bahasa pemrograman PHP, SQL dan XAMPP untuk basis data. Pengujian aplikasi web dilakukan dengan menggunakan metode pengujian white-box testing dan black-box testing. Hasil pengujian menunjukkan modul-modul dalam sistem informasi berbasis CRM pada PT. Tirta Intercom Nusantara berjalan dengan baik.

Perancangan Sistem Informasi CRM Customer Service Berbasis Web Pada PT Indopiranti Solusitama
Skripsi Suliana, Tarumanagara. Penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan perancangan sistem yang dapat menutupi kelemahan pada sistem customer service yang sedang berjalan pada PT Indopiranti Solusitama dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Perancangan sistem informasi CRM customer service berbasis web ini memiliki beberapa modul, yaitu modul customer, modul polling, modul pertanyaan, jawaban dan FAQ, modul kritik dan saran, modul penerimaan masalah, modul penyelesaian masalah dan modul pembuatan laporan. Sistem yang dirancang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem lama. Keunggulan tersebut dapat dilihat dari sistem baru yang telah terkomputerisasi, meningkatnya pelayanan pelanggan yang tidak hanya dilakukan secara offline tetapi juga secara online, pelanggan dapat merubah data diri dan mengetahui data pelayanan yang pernah diterimanya, memmudahkan operator customer service dalam membuat laporan, serta memudahkan manager dalam melakukan pengawasan kerja operator melalui polling yang diadakan dalam kurun waktu tertentu.

Sistem Informasi CRM Berbasis Web Pendukung Penjualan pada PT. Jakarta International Machine Centre
Skripsi Mellisa Vien Heldinata, Tarumanagara. Penulisan ini bertujuan untuk merancang suatu Sistem Informasi CRM yang dapat memudahkan komunikasi dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, mengetahui History Pembelian Pelanggan sehingga memungkinkan penawaran produk yang lebih efektif dan tepat sasaran, serta menghasilkan laporan yang memudahkan analisis mengenai tren dan nilai Customer. Untuk perancangan sistem digunakan Metode System Development Life Cycle (SDLC). Pemrograman web dibuat dengan menggunakan PHP dan untuk basis datanya menggunakan MySql.

Perancangan Sistem Informasi CRM Pendukung Penjualan Berbasis web pada PT. Interline Tour & Travel
Skripsi Yoshua, Tarumanagara. Dirancang sistem informasi CRM berbasis web agar sistem tersebut mampu mengindentifikasi pelanggan sehingga produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan tersebut. Perancangan sistem ini menggunakan metodologi SDLC. Perancangan sistem informasi CRM ini hanya terbatas pada proses pendukung penjualan. Perancangan web menggunakan PHP untuk bahasa pemrograman dan MySql untuk basis data. Dari perancangan sistem ini diperoleh hasil bahwa sistem CRM dapat memberikan data mengenai pelanggan lama dan baru untuk semua bagian perusahaan. Ini membuat perusahaan dapat memberi pelayanan yang berbeda antara pelanggan lama dan baru.

Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada King Foto
Skripsi Fenny, Tarumanagara. Penulisan ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi CRM berbasis web yang dapat memberikan informasi secara cepat dan akurat sesuai kebutuhan pelanggan. Metodologi yang digunakan untuk mendukung penulisan skripsi ini adalah System Development Live Cycle dengan alat bantu yaitu, Context Diagram, DFD, ERD, Hirarki Chart dan STD. Sistem Informasi Customer Relationship Management ini dirancang dengan menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, bahasa pemrograman Asp.net dan SQL sebagai perangkat lunak database. Hasil yang diperoleh adalah sebuah sistem informasi CRM berbasis web yang memberi kemudahan kepada pelanggan untuk memperoleh informasi terbaru mengenai produk yang ditawarkan dengan akses informasi yang bersifat personal secara mudah, cepat, dan akurat sehingga antara perusahaan dan pelanggan terjalin komunikasi yang baik.

Perancangan Program Aplikasi CRM Berbasis Web Pada PT. Duta Tata Suara Artharaya Indonesia
Skripsi Irene Caroline, Tarumanagara. PT. Duta Tata Suara Artharaya Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan album musik. Perancangan program aplikasi CRM berbasis web ini bertujuan untuk memberi informasi yang dibutuhkan pelanggan sekaligus untuk perusahaan agar mengetahui hal yang dibutuhkan pelanggan. Metodologi yang digunakan adalah SDLC dengan alat bantu Context Diagram, DFD, ERD, Hirarki Chart, dan STD. Hasil yang dicapai dari perancangan program aplikasi ini adalah pelanggan dapat mengetahui informasi seputar produk, mengirim pesan kepada admin, dan member dapat melihat jumlah point.

Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis Web pada PT. Ria Houseware
Skripsi Andry, Tarumanagara. Penulisan ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menerima keluhan, pendapat, testimonial, mengukur kepuasan customer, memberi informasi kepada customer berupa produk yang dijual, cara pembayaran dan penjualan, dan membantu customer melakukan proses pembelian. Penjualan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun dan manager terbantu dalam memperoleh laporan penjualan dan laporan layanan pelanggan. Program ini memiliki tiga modul besar yaitu modul penjualan, modul pelayanan pelanggan, dan modul pembuatan laporan. Masing-masing modul akan dipecah menjadi modul–modul yang lebih sederhana. Sistem informasi ini dibuat dengan menggunakan Hyper Text Preprocessor (PHP), HTML (Hyper Text Markup Languange) dan java script untuk kode program, Macromedia Dreamweaver MX untuk tampilan, Apache sebagai server, dan MYSQL untuk manajemen database.

Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management pada Hotel Grand Asia
Skripsi Ravi Winata, Tarumanagara. Hotel Grand Asia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan. Penulisan ini bertujuan untuk merancang sebuah Sistem Informasi CRM yang memberi kemudahan kepada pelanggan Hotel Grand Asia dalam memperoleh informasi yang rinci mengenai fasilitas hotel, harga, event yang sedang dilaksanakan, dan memberi kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan. Perancangan sistem menggunakan aplikasi xampp, bahasa pemograman PHP, MySQL untuk manajemen database, Flash dan Macromedia Dreamweaver untuk tampilan serta Apache sebagai web server. Metodologi yang digunakan adalah System Development Life Cycle dengan alat bantu yaitu Flowchart, Context Diagram , DFD , dan ERD. Hasil yang dicapai dalam penulisan ini adalah sebuah program sistem informasi CRM yang mampu memberi informasi yang dibutuhkan pelanggan secara cepat dan akurat.

Sistem Informasi Customer Relationship Management Layanan Penjualan Berbasis Web Pada PT. Davy Primatehnik
Skripsi Harry Lioe, Tarumanagara. Perancangan sistem informasi CRM layanan penjualan ini bertujuan untuk mempertahankan pelanggan lama sekaligus untuk menarik pelanggan baru. Aplikasi ini juga dapat membantu perusahaan dalam melayani pelanggan agar dapat dengan mudah memesan barang yang dibutuhkan beserta informasi yang memadai, juga dapat membantu pelanggan dalam menghadapi masalah yang berkaitan dengan produk dan jasa perusahaan secara lebih cepat. Pelanggan juga dapar memberi kritik dan saran. Pada sistem ini, pelanggan dapat melihat jadwal pengiriman dan pemasangan rolling door dan motor penggerak dari PT. Davy Primatehnik. Program ini terdiri dari beberapa modul seperti modul pelanggan, modul produk, modul order, modul kuesioner, modul kritik dan saran, modul FAQ, dan modul laporan. Sistem informasi ini dibuat dengan menggunakan PHP untuk bahasa pemrograman, Macromedia Dreamweaver MX untuk tampilan, Apache untuk server, dan MySQL untuk basis data. Rancangan yang dihasilkan dapat membantu para staff dari PT. Davy Primatehnik dalam menerima pertanyaan dan keluhan dari pelanggan.

Perancangan Sistem Informasi CRM Customer Service Berbasis Web Pada CV Multi Casa
Skripsi Ferdinand Rinaldy, Tarumanagara. Penulisan ini bertujuan untuk merancang sebuah Sistem Informasi CRM berbasis web yang selain dapat menutupi kelemahan yang ada dalam sistem customer sevice yang sedang berjalan pada CV Multi Casa, juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Metodologi yang digunakan dalam mendukung penulisan skripsi ini adalah perancangan. Metode perancangan yang digunakan adalah SDLC dan alat bantu yang digunakan yaitu Flowchart, Context Diagram, DFD, ERD, Hierarki Chart, dan STD. Keunggulan sistem informasi CRM berbasis web ini adalah memberi kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi yang bersifat umum maupun yang sifatnya personal secara cepat dan akurat. Selain itu, perusahaan juga dapat memperbaiki kinerjanya agar lebih baik untuk pelanggan.

Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasiskan Web Pada PT. Interflon Indonesia
Skripsi Amelia Stephanie Chandra, Tarumanagara. Perancangan sistem informasi CRM ini bertujuan untuk mempertahankan pelanggan lama sekaligus untuk menarik pelanggan baru. Dalam perancangan sistem ini, metodologi yang digunakan adalah System Development Life Cycle. Program ini terdiri dari beberapa modul seperti modul berita, modul polling, modul kuisioner, modul FAQ, modul kritik dan saran, modul testimonial, modul produk, modul forum, dan modul pelanggan. Program aplikasi ini dibuat dengan menggunakan PHP, HTML (Hyper Text Markup Languange) dan java script untuk kode program, Macromedia Dreamweaver MX untuk interface, Apache sebagai server, dan MYSQL untuk manajemen basis data. Rancangan yang dihasilkan dapat membantu para staf dari PT. Interflon Indonesia dalam menerima keluhaan dan pertanyaan dari pelanggan.

Perancangan Sistem informasi CRM Pada PT. Wahono Rejeki Dinamika
Skripsi Henry Setijawibawa, Tarumanagara. Perancangan sistem informasi CRM ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam membina hubungan dengan customer dan mengukur tingkat kepuasan customer terhadap produk yang ditawarkan melalui tingkat pemesanan kembali ataupun melalui kritik dan saran yang disampaikan oleh customer. Jadi melalui sistem ini perusahaan dapat mengetahui hal-hal yang diinginkan oleh customer. Sistem informasi CRM ini akan diintegrasikan dengan kegiatan penjualan produk . Hal ini dimaksudkan agar sistem CRM dapat membantu dan mendukung proses penjualan. Sistem informasi CRM ini terdiri atas modul pelanggan, modul berita, modul produk, modul penjualan, modul testimonial, modul guestbook, modul polling, modul kuesioner, modul FAQ dan modul layanan pelanggan. Modul-modul tersebut diintegrasikan dalam website yang dirancang.

Perancangan Program Aplikasi Customer Relationship Management Berbasis Web pada PT. Astra Daihatsu Jalan Balikpapan
Skripsi Leo NArdi, Tarumanagara. Penulisan ini bertujuan untuk merancang sebuah program aplikasi Customer Relationship Management berbasis web pada PT.Daihatsu yang berguna meningkatkan layanan pelanggan dan menyampaikan informasi kepada pelanggan mengenai transaksi yang pernah diberikan. Perancangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL untuk manajemen basis data, Adobe Photoshop dan Macromedia Flash untuk perancangan tampilan, Macromedia Dreamweaver MX, dan Apache sebagai web server.