Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Eksekutif Pemasaran

(Studi pada PT. Rapico Busana Permata Indah)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi
Penulis: Yudi Prasetio, Feolu Cisca, dan Rita Lestari
Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Perusahaan perlu untuk memperoleh informasi dengan cepat dan akurat dalam menjalankan kegiatan bisnisnya termasuk dalam bidang pemasaran. Pemasaran mempunyai peranan yang vital bagi keberhasilan dan kelangsungan tumbuh kembang perusahaan. Pemasaran telah diakui sebagai unsur yang mempengaruhi seluruh sistem manajemen bisnis. Seluruh kegiatan pengelolaan perusahaan sebaiknya diarahkan menuju ke proses pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

PT Rapico Busana Permata Indah yang didirikan pada tahun 1983 bergerak di bidang garment, berorientasi pada produk ekspor dengan negara tujuan utama ekspor Amerika Serikat (USA), China, Canada, Hongkong, Australia, Eropa dan beberapa negara lainnya. PT Rapico Busana Permata Indah mempekerjakan lebih dari 600 karyawan. Pihak eksekutif pemasaran PT. Rapico Busana Permata Indah membutuhkan informasi yang akurat dan cepat agar pihak eksekutif dapat melakukan analisa dan evaluasi terhadap permasalahan yang ada sehingga strategi dan keputusan yang tepat dapat dibuat.

Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian pustaka, metode analisis yang terdiri dari survey atas sistem yang sedang berjalan, analisis hasil survey, dan identifikasi kebutuhan informasi. Perancangan sistem berorientasi objek berdasarkan Object Oriented Analysis & Design (OOAD) digunakan sebagai metode perancangan sistem.

Sistem Informasi Eksekutif pemasaran yang dirancang akan menyediakan informasi eksternal maupun internal beserta analisis peramalan. Informasi ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, ringkasan dan kemampuan drill down sehingga memudahkan eksekutif membuat strategi dan keputusan yang tepat. Bila Sistem Informasi Eksekutif ini dijalankan akan dapat digunakan sebagai pendukung bagi eksekutif pemasaran dalam membuat perencanaan kebijakan. Jenis informasi mesti ditelaah secara berkala oleh tim pendukung Sistem Informasi Eksekutif agar memenuhi kebutuhan dan tetap mencerminkan kondisi terkini.