Analisis dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan pada Bagian Penjualan dan Pembelian

(Studi pada PT. Harapan Widyatama Pertiwi)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi
Penulis: Murni, Gratia Muridiyantri, dan Eric
Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Dalam era informasi saat ini, perusahaan harus dapat mengatasi persaingan dan masalah yang terjadi secara cepat dan tepat sasaran. Oleh sebab itu, perusahaan harus terus meningkatkan dan menjaga mutu perusahaan baik dalam hal mutu dari produk yang dihasilkan maupun manajemen perusahaan. Dalam hal ini informasi menjadi kunci penting agar dapat terus meningkatkan manajemen perusahaan dan memenangkan persaingan yang semakin lama semakin ketat. PT. Harapan Widyatama Pertiwi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi pipa PVC merk Unilon dalam berbagai ukuran dan bentuk. Pipa PVC banyak digunakan untuk proyek-proyek jalan tol, gedung-gedung, saluran air, dan sebagainya. Perusahaan tersebut memiliki berbagai divisi seperti divisi marketing dan penjualan, divisi produksi, divisi keuangan, serta divisi HRD.

Untuk dapat memenangkan kompetisi, sebuah perusahaan harus mampu menekan biaya yang dikeluarkan untuk bahan baku sehingga dapat memberikan harga jual yang kompetitif dengan pelayanan dan kualitas produk yang lebih baik untuk meningkatkan laba perusahaan. Untuk itu perlu dilakukan analisis pada bagian pembelian dan penjualannya. Dalam bagian pembelian, PT. Harapan Widyatama Pertiwi harus dapa menekan harga pembelian bahan baku yang akan digunakan untuk produksi barang jadi berupa pipa plastik, tidak hanya harga yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan supplier tetapi juga mutu bahan baku yang digunakan, selain perlu pula dipertimbangkan waktu distribusi yang dibutuhkan untuk mendapatkan bahan baku tersebut. Bila dapat memilih supplier yang baik maka harga jual produk dapat ditentukan dimana selama ini tidak ada batasan, yang ada hanya harga pokok produksi sedangkan harga jual bervariasi disebabkan penawaran pada tiap pelanggan tidak dapat dipastikan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis untuk menentukan harga jual yang diberikan supaya dapat bersaing dengan perusahaan lain dan mendatangkan laba yang optimal bagi perusahaan.

Pengambilan keputusan yang terbaik merupakan faktor penting yang menentukan jalannya suatu perusahaan. Diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat menganalisis harga dan menganalisis supplier mengingat banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam perusahaan untuk membantu manajer bagian pembelian dan penjualan dalam mengambil keputusan. Rancangan sistem pendukung keputusan pada skripsi ini menggunakan metode analisis dan perancangan. Metode analisis meliputi penelitian kepustakaan dan lapangan. Sedangkan, metode perancangan meliputi perancangan arsitektur sistem pendukung keputusan, perancangan model, desain antar muka, database, pengkodean, uji coba dan evaluasi. Sistem pendukung keputusan yang dirancang mencakup pengambilan seluruh informasi yang merupakan faktor dalam penentuan harga dan supplier. Sistem yang dibuat menganalisis informasi tersebut berdasarkan model yang diperoleh dari perusahaan terkait. Sistem akan menampilkan alternatif-alternatif keputusan untuk dapat digunakan oleh manajer setiap bagian berdasarkan hasil analisis tersebut.